Viral

Dirlantas Polda Metro: Pemutihan SIM Itu Hoax!

Redaksi •    05 April 2018 | 13:18:27 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Bukan rahasia lagi di era digital sekarang, berita hoax sudah merajalela di berbagai media, baik yang berupa media sosial hingga chatting. Berita itu tentunya sangat merugikan bagi institusi, orang yang terkena dampaknya. 
 
Beberapa hari ini beredar di media sosial informasi mengenai pemutihan surat izin mengemudi Surat Ijin Mengemudi atau (SIM) mati yang tersebar melalui media sosial. Berikut informasi yang beredar itu:
 
"ADA PEMUTIHAN SIM.. Yg MATI.. Untuk Gol : ( SIM. A, B, C ) di POLWIL/polres Masing 2 Daerah.
 
Berlaku Mulai Tgl 2 - 07 April 2018.. TOLONG.. di BANTU Share Ya.. Agar yg MEMILIKI Sim Mati Bisa di Perbarui Tanpa MENGULANG Tes tulis & praktek Lagi..Berlaku di Seluruh indonesia.. ☝🏽 👍🏼 🙏🏼 😊".
 
Kabar tersebut pun langsung dibantah pihak berwenang. "Tidak benar, hoax itu," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat bertemu di pelataran masjid Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (4/4/2018).
 
Halim menambahkan, SIM yang mati atau masa berlakunya sudah habis tidak bisa diperpanjang. Pemohon wajib membuat SIM baru, tidak ada istilah pemutihan SIM mati. 
 
Halim mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai informasi hoax itu. [andiAP/foto: istimewa]