Music

Qasidah Hunt Cap Kaki Tiga Digelar Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang

Redaksi •    06 Maret 2018 | 16:32:45 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Untuk menjaga dan mengembangkan seni musik Islam, minuman larutan Cap Kaki Tiga, menggelar event “Qasidah Hunt Cap Kaki Tiga”. Untuk mengawali pergeleran tersebut dan audisi akan dilakukan di hanya empat wilayah, Jakarta, Bekasi,  Depok dan Tangerang.
 
Taupik, Ketua Umum Lasqi kota Bogor, Jawa Barat mengatakan, bahwa event ini,  Untuk menjaga dan mengembangkan seni musik Islam. "Untuk menjaga kelestarian budaya Islam. Penilaian dititik beratkan pada vokal,  instrumen dan penampilan. Untuk  vokal yang menyanyi dengan bahasa arab,  tajwid atau tasoha harus benar. Salah sedikit, artinya jadi Salah,” ujar Taufik di jumpa pers ajang pencarian bakat senimannya musik Islam Qasidah Hunt Cap Kaki Tiga di Al-Jazeera Resto, Mentang, Jakarta, Rabu (28/2/2018).
 
Sementara Humas Minuman Larutan Cap Kaki Tiga, Dwi Novita mengatakan, event ini untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat. "Sebagai perusahaan lokal Indonesia, kami sadar bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Karena Itu,  larutan cap Kaki tiga selalu aktif berpartisipasi dan berkomitmen penuh dalam mendulang kegiatan komunitas muslim. Dan tahun ini, kami mengawalinya dengan Lomba musik qasidah. Namanya Qasidah Hunt Cap Kaki Tiga," kata Dwi Novita.
 
Lomba Qosidah Hunt didukung oleh MNC Channels dan akan dimulai 3 Maret hingga 5 Me 2018. Serta berhadiah senilai 40 juta. Event ini akan dilakukan di empat masjid, Jakarta Bekasi, Depok,  dan Tangerang. Taufik selaku dewan juri dari LASQI berharap Qasidah Hunt mampu meningkatkan kualifikasi kesenian Islam sambil juga mengangkat kesejahteraan umat. Kriteria kemenangan, katanya, sangat ditentukan oleh artikulasi bunyi bahasa, teknik pernapasan bernyanyi, penjiwaan lantunan salawat dan kekompakan paduan suaranya.
 
Selain itu, mutu perpaduan vokal, instrumen pengiring rebana yang kompak dan penampilan blocking panggung serta gerak koreografi secara wanita muslimah, tambah Taufik, penting pula buat diperhatikan. Juri lainnya seperti Lucky Resha, mantan lady rocker yang kini membina kelompok qasidah Riyadhus Shalihin juga mengingatkan pentingnya peserta menguasai artikulasi lafal ucap selain nilai keindahan vokal suara masing-masing.
 
Bagi yang berminat dan memgikuti ajang ini,  dapat mendaftarkan diri keemail,  event. mncchannels@mncgroup.com. Penasaran? [musa san]