Ragam

Ternyata, Pengendara Yang Merokok Dan Dengar Musik Tidak Akan Ditilang

Redaksi •    04 Maret 2018 | 22:33:26 WIB
Prahara Persatuan Artis Film Indonesia
( Foto:FEM | REDAKSI )

FEM Indonesia - Pengendara ditilang jika melakukan aktivitas yang menganggu konsentrasi mengemudi. Sebelumnya bahwa mendengarkan musik atau merokok sambil mengemudi bisa terancam pidana tiga bulan penjara. Tak lama, pihak berwajib membantahnya.            
 
“Untuk yang merokok, mendengarkan musik itu tidak ditilang, saya ulang lagi, tidak ditilang. Hanya apabila pengendara mengendarai kendaraannya dengan tidak wajar dan tidak konsentrasi. Tentunya melanggar aturan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagara, pada hari Minggu pagi (4/3/2018) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, saat menghadiri acara launching sistem penerbitan izin aplikasi online. 
 
Halim menerangkan, menganggu konsentrasi yang dimaksudnya yakni mengendarai kendaraannya secara tidak wajar seperti berjalan secara zig-zag ataupun melanggar rambu yang bisa menyebabkan kecelakaan. Lanjut Halim, pihaknya juga akan menilang para pengemudi ojek online yang kerap kali membuka GPS saat berkendara. Karena aktivitas itu melanggar aturan dalam berkendara. 
 
"Penggunaan GPS atau HP itu dilarang, sudah ada ketentuannya dalam pasal 106. Kami akan tilang," tandas Halim. [andiAP/foto: istimewa]